Sebelum melakukan seleksi, Anda wajib memeriksa data kebutuhan KSPS dan ketersediaan BCKS/BCPS. Namun, Anda bisa saja menemui kendala data tidak sesuai saat akan melakukan seleksi atau kendala pengaliran data setelah melakukan pengangkatan di Sistem Pengangkatan KSPS seperti berikut ini:
- Data Ketersediaan BCKS/BCPS Tidak Sesuai karena Tidak Memenuhi Kualifikasi Akademik dan Tidak Memenuhi Kualifikasi Pangkat Golongan.
- Data Ketersediaan BCKS/BCPS Tidak Sesuai karena No. Sertifikat GP Tidak Ditemukan.
- Data Ketersediaan BCKS/BCPS Tidak Sesuai karena No. Sertifikat Pendidik Tidak Ditemukan.
- Data Ketersediaan BCKS/BCPS Tidak Sesuai karena Status lulus UKKJ Tidak Ditemukan.
- Data Ketersediaan BCKS Tidak Sesuai karena Bukan Guru.
- Data Ketersediaan BCKS/BCPS Seharusnya Sudah Tidak Ada di Sistem Namun Masih Ada.
- Data Sekolah yang Butuh KS Tidak Ada di Sistem.
- Data Sekolah yang Seharusnya Tidak Ada di Sistem Masih Ada.
- Data KS Aktif Belum Masuk ke Sistem.
- Data KS Tidak Aktif Masih Ada di Daftar KS Aktif di Sistem.
- Daftar KS Aktif di Sistem Belum Update di Dapodik.
- Sudah Mengangkat KS di Sistem Tapi belum Update di Dapodik.
- Sudah Mutasi KS di Sistem Tapi Belum Update di Dapodik.
- Sudah Mengangkat PS di Sistem Tapi belum Update di Simtendik.
Jika mengalami hal tersebut, silakan Hubungi Bantuan di kanan bawah laman ini dan berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan dan perhatikan:
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS memenuhi persyaratan tidak ada di sistem |
|
|
Anda bisa melakukan update data di Dapodik dengan langkah berikut:
Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala lain terkait Ruang GTK, silakan tekan tombol 'Pusat Bantuan' pada laman https://bit.ly/halamanbantuanRuang GTK. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS memenuhi persyaratan tidak ada di sistem |
|
No. Sertifikat GP Tidak Ditemukan |
Mohon maaf untuk saat ini data guru penggerak yang masuk ke sistem sampai Guru penggerak angkatan 9 Jika masih ada GP sampai angkatan 9 yang belum masuk ke sistem, silakan berikan informasinya ke Pusat Bantuan dengan menyertakan informasi berikut:
|
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS memenuhi persyaratan tidak ada di sistem |
|
No. Sertifikat Pendidik tidak ditemukan |
Silakan update ke Dapodik Sertifikat Pendidik Anda melalui menu riwayat. Silakan berikan data berikut ke Pusat Bantuan sebagai dasar kami untuk berkoordinasi juga dengan pihak Dapodik:
|
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS memenuhi persyaratan tidak ada di sistem |
|
Status lulus UKKJ tidak ditemukan |
Silakan berikan data berikut ke Pusat Bantuan sebagai dasar kami untuk berkoordinasi juga dengan tim data:
|
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS memenuhi persyaratan tidak ada di sistem |
|
Bukan Guru | Karena sudah tercatat sebagai KS aktif, maka silakan lakukan mutasi KS. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Ketersediaan BCKS/BCPS tidak sesuai | BCKS/BCPS seharusnya sudah tidak ada di sistem tapi masih ada |
|
Tim Pusat Bantuan akan melakukan pengecekan lebih lanjut kenapa data BCKS/BCPS masih ada di sistem. |
Jika sudah pensiun, meninggal dunia, atau mutasi, silakan update data Anda di Dapodik. Jika data sudah di-update di Dapodik dan belum berubah, maka kirimkan data berikut:
Lalu tim kami akan melakukan perbaikan data. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Kebutuhan Kepala Sekolah tidak sesuai | Sekolah butuh KS tidak ada di sistem |
|
|
Jika belum mulai seleksi, silakan lakukan tambah data sekolah (caranya dapat dilihat pada artikel ini) Jika sudah mulai seleksi, silakan membuat surat permohonan tambah data sekolah karena perlu mendapat approval dari Dit KSPS-TK untuk seleksi yang sedang berjalan. Berikan daftar sekolah dan NPSN yang ingin ditambahkan dalam surat tersebut. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Data Kebutuhan Kepala Sekolah tidak sesuai | Sekolah seharusnya tidak ada di sistem tapi masih ada |
|
|
Bagi Anda yang sudah melakukan pengangkatan KS di luar sistem, perlu diketahui bahwa kini pengangkatan KS tetap perlu dilakukan menggunakan Sistem Pengangkatan KSPS berdasarkan Surat Pemberitahuan Penutupan Dapodik untuk Update Pengangkatan Kepala Sekolah Negeri. Jika sudah melakukan pengangkatan di Sistem sampai finalisasi, harap menunggu 14 hari kerja agar data Anda mengalir ke Dapodik. Jika lebih dari 14 hari masih belum berubah, silakan laporkan ke Pusat Bantuan. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Daftar KS Aktif tidak sesuai | KS aktif belum masuk ke sistem. |
|
Tim Pusat Bantuan akan melakukan pengecekan lebih lanjut berdasarkan dokumen SK pengangkatan. Perlu diketahui, data daftar KS Aktif diambil dari Dapodik. Harap cek kembali data di Dapodik apakah tercatat sebagai KS aktif. Jika data di Dapodik sudah sesuai namun di Sistem KSPS belum sesuai, maka tim kami akan melakukan perbaikan data di sistem. |
Mohon menunggu data akan diperbaiki oleh tim sistem. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Daftar KS Aktif tidak sesuai | KS tidak aktif masih ada di sistem |
|
Tim Pusat Bantuan akan melakukan pengecekan lebih lanjut berdasarkan alasan KS sudah tidak aktif. Perlu diketahui, data daftar KS Aktif diambil dari Dapodik. Harap cek kembali data di Dapodik apakah tercatat sebagai KS aktif. Jika data di Dapodik sudah sesuai namun di Sistem KSPS belum sesuai, maka tim kami akan melakukan perbaikan data di sistem. |
Mohon menunggu data akan diperbaiki oleh tim sistem. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Hasil Pengecekan yang akan diberikan oleh tim Pusat Bantuan | Apa yang harus dilakukan berdasarkan hasil pengecekan yang diberikan tim Pusat Bantuan |
Daftar KS Aktif tidak sesuai | Data KS Aktif sudah sesuai SK namun di Dapodik masih KS lama (belum update di Dapodik) |
|
Tim Pusat Bantuan akan melakukan pengecekan SK dan Daftar KS Aktif di Sistem KSPS. Jika data di sistem KSPS sudah sesuai dengan SK, artinya data yang tidak sesuai adalah data yang ada di Dapodik. Maka perubahan data perlu dilakukan oleh tim Dapodik. Namun jika data yang tidak sesuai ada di sistem KSPS, maka tim kami akan melakukan perbaikan data. |
Perlu diketahui, tampilan di Dapodik terkadang tidak real-time, sehingga silahkan minta operator sekolah menarik data dari aplikasi Dapodik. Jika dari hasil penarikan data tersebut data Ks sudah sesuai, maka KS sudah terdaftar di Dapodik. Namun, jika pada penarikan data belum sesuai, silakan hubungi helpdesk Dapodik untuk perbaikan data agar KS sesuai dengan SK Pengangkatan. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan |
Informasi yang akan diberikan tim Pusat Bantuan dan apa yang harus dilakukan oleh dinas |
Sudah mengangkat KS namun belum mengalir ke Dapodik | Sebutkan pengangkatan dilakukan di sistem atau di luar sistem |
|
Jika pengangkatan dilakukan di dalam sistem, data akan mengalir ke Dapodik sekitar 14 hari setelah pengangkatan dilakukan. Harap cek secara berkala. Namun jika setelah 14 hari belum update, silakan hubungi kami kembali untuk pengecekan lebih lanjut. Jika pengangkatan dilakukan di luar Sistem KSPS sebelum 31 Maret 2024, maka Jika pengangkatan dilakukan setelah 31 Maret 2024 di luar sistem, maka Anda harus melakukan pengangkatan melalui Sistem KSPS. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Informasi yang akan diberikan tim Pusat Bantuan dan apa yang harus dilakukan oleh dinas |
Sudah melakukan mutasi di sistem namun belum mengalir ke Dapodik | Sebutkan mutasi dilakukan di sistem atau di luar sistem |
|
Jika mutasi dilakukan di dalam sistem, data akan mengalir ke Dapodik sekitar 14 hari setelah mutasi dilakukan. Harap cek secara berkala. Namun jika setelah 14 hari belum update, silakan hubungi kami kembali untuk pengecekan lebih lanjut. |
Kendala | Sebutkan Detail kendala saat menghubungi Pusat Bantuan | Data yang perlu Anda siapkan untuk dikirim ke Pusat Bantuan | Informasi yang akan diberikan tim Pusat Bantuan dan apa yang harus dilakukan oleh dinas |
Sudah mengangkat PS mengalir ke Simtendik | Sebutkan pengangkatan dilakukan di sistem atau di luar sistem |
|
Jika pengangkatan dilakukan di dalam sistem, data akan mengalir ke Simtendik sekitar 14 hari setelah pengangkatan dilakukan. Harap cek secara berkala. Namun jika setelah 14 hari belum update, silakan hubungi kami kembali untuk pengecekan lebih lanjut. Jika pengangkatan PS di luar sistem setelah tanggal 31 Maret 2024, maka Anda perlu melakukan pengangkatan ulang di dalam sistem. Namun, jika Anda melakukan pengangkatan PS di luar sistem sebelum 31 Maret 2024 maka lakukan langkah yang ada di artikel ini. |
Komentar
0 comments
Please sign in to leave a comment.