Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan telah mengembangkan Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Oleh karena itu, kini proses seleksi kepala sekolah dilakukan melalui sistem tersebut. Setelah Dinas melakukan tahapan seleksi, maka Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) akan menerima undangan melalui email masing-masing. Selanjutnya, BCKS akan mengunggah berkas yang dibutuhkan yang nantinya akan dicek oleh Dinas.

 

Seleksi Kepala Sekolah terbuka untuk guru yang sudah mengikuti diklat CKS atau Guru Penggerak dan mendapatkan undangan resmi dari dinas untuk mengikuti seleksi. Cek artikel berikut ini untuk melihat informasi lengkap tentang kriteria pemilihan kepala sekolah. Jika Anda termasuk calon kepala sekolah yang sudah memenuhi syarat/kriteria dan terpilih sebagai Bakal Calon Kepala Sekolah yang akan mengikuti seleksi maka Anda akan menerima pemberitahuan untuk mengikuti proses seleksi melalui platform Merdeka Mengajar

 

Berikut merupakan tahapan untuk Seleksi Kepala Sekolah: 

 

Untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai tahapan Seleksi Kepala Sekolah untuk BCKS, silakan klik di sini

 

Perlu diketahui!

  • Seleksi Kepala Sekolah hanya dapat diikuti oleh guru yang mendapatkan undangan resmi dari dinas yang berisi tawaran untuk mengikuti seleksi.
  • Informasi cara mengunggah berkas dapat dilihat di sini.
  • Anda dapat melihat dokumen Buku Saku Seleksi Kepala Sekolah di sini.

 

Tanya Jawab Seputar Seleksi Kepala Sekolah untuk BCKS

Tanya: Apakah seleksi kepala sekolah akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia?

Jawab: Tidak. Seleksi kepala sekolah dilakukan oleh dinas di daerah sesuai kebutuhan masing-masing sehingga periode waktunya akan berbeda di setiap daerah.

 

Tanya: Mengapa kualifikasi saya yang tertera di platform Merdeka Mengajar tidak sesuai/berubah-ubah?

Jawab: Perlu diketahui, data yang ditampilkan akan mengikuti data di Dapodik. Data yang baru diperbarui di Dapodik, baru akan berubah di platform Merdeka Mengajar 1-2 hari. Namun, apabila data Anda di Dapodik sudah diperbarui lebih dari 2 hari, tetapi kualifikasi Anda di platform Merdeka Mengajar masih belum sesuai. Maka, silakan klik Hubungi Bantuan di bagian kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut: 

  1. Akun belajar.id Anda
  2. Tangkapan layar halaman Kualifikasi Anda pada platform Merdeka Mengajar 
  3. Tangkapan layar halaman Dapodik Anda
  4. Ceritakan dengan detail hal-hal apa saja yang tidak sesuai 
  5. Sertakan bukti/dokumen lainnya, seperti sertifikat.

Selanjutnya tim kami akan menindaklanjuti kendala Anda. Harap menunggu balasan kami melalui email. 

Sebelumnya
Selanjutnya
22914128707097

Komentar

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk