Dalam proses seleksi Kepala Sekolah, Anda dapat menentukan periode seleksi pada sistem KSPS dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Setelah login ke Sistem KSPS, klik tombol Mulai Seleksi pada kolom Seleksi Kepala Sekolah di halaman Beranda sistem KSPS.

 

2. Anda dapat melakukan perubahan Data Kebutuhan Kepala sekolah sebelum melanjutkan proses seleksi. Cara melakukan perubahan Data Kebutuhan Kepala Sekolah dapat Anda cek di sini

Klik Lanjut jika sudah tidak ada perubahan untuk Data Kebutuhan Kepala Sekolah.

2.jpg

 

3. Klik Lanjut mulai seleksi jika Anda sudah yakin dengan data kebutuhan kepala sekolah. Klik Cek ulang jika Anda ingin memastikan kembali.

Screenshot 2023-09-21 120128.png

 

4. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman untuk menentukan periode seleksi Kepala Sekolah. Masukkan tanggal mulai seleksi (tanggal hari ini) pada kolom Mulai dan tanggal berakhirnya seleksi pada kolom Selesai.

Penting!

Anda hanya dapat memilih tanggal hari ini (hari memulai seleksi) sebagai tanggal mulai seleksi. Tanggal selesai seleksi merupakan tanggal estimasi selesai proses seleksi Kepala Sekolah saja. Untuk saat ini, jika Anda sudah mengirim undangan, tanggal yang sudah dipilih tidak dapat diubah.

3.jpg

 

Undang BCKS

Setelah menetapkan periode seleksi Kepala Sekolah Anda dapat mengirimkan undangan seleksi kepada BCKS dengan langkah berikut ini:

1. Anda dapat mengecek kembali daftar BCKS sebelum mengirimkan undangan dengan klik Lihat daftar BCKS. Anda juga dapat mencetak daftar BCKS dengan klik Cetak Daftar BCKS pada sisi kiri bawah

1.jpg

 

2. Jika daftar BCKS telah sesuai maka Anda dapat mengunggah undangan resmi dengan klik Pilih dokumen pada kolom seperti di bawah ini. 

2.jpg

Perlu diketahui!

Unggah undangan resmi dalam format PDF dengan maksimal 10 MB. Undangan akan dikirimkan ke email BCKS dan platform Merdeka Mengajar secara otomatis.. Pastikan undangan bersifat umum (bukan personal) karena undangan akan dikirim ke seluruh BCKS.

 

3. Kemudian tentukan batas waktu pengumpulan berkas oleh BCKS. Pastikan batas waktu pengumpulan berkas tidak melewati periode akhir seleksi kepala sekolah.

3.jpg

 

4. Klik Kirim undangan 

4.jpg

 

5. Anda akan mendapatkan notifikasi yang menginfokan bahwa undangan akan dikirimkan ke BCKS saat periode seleksi telah dimulai seperti gambar di bawah.

5.jpg

 

6. Jika undangan seleksi telah terkirim maka BCKS akan mendapatkan notifikasi undangan pada platform Merdeka Mengajar dengan tampilan seperti gambar di bawah. 

Screenshot

 

Tanya-Jawab

Tanya: Bagaimana jika saya tidak sengaja mengirim undangan? 

Jawaban: Saat ini, fitur edit atau pembatalan seleksi belum tersedia, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam melakukan tahapan seleksi dan pastikan proses seleksi benar-benar akan dilakukan (bukan percobaan). Namun, apabila Anda telah terlanjur mengirim undangan, silakan klik tombol Hubungi Bantuan pada kanan bawah halaman ini dengan menyertakan surat resmi permohonan pembatalan seleksi yang ditandatangani oleh kepada dinas  Anda.

Pastikan surat tersebut berisi:

  1. Asal institusi.
  2. Alasan yang jelas mengapa seleksi dibatalkan.

 

Tanya: Apakah saya bisa mengedit tanggal seleksi kepala sekolah?

Jawaban: Untuk saat ini tidak bisa. Pastikan tanggal yang dipilih sudah sesuai sebelum mengirim undangan kepada BCKS. Namun, jika Anda mengalami kendala terkait periode seleksi KS, silakan klik tombol Hubungi Bantuan pada kanan bawah.

Sebelumnya
Selanjutnya
18516051012505

Komentar

7 comments

  • MAHMUD PRATOWO

    Terima kasih atas informasi yang diberikan

    0
  • Saiful Amri

    Terima kasih informasinya. Alangkah lebih baik lagi kalau BCKS diberikan akses mendaftar sendiri. Bukan di undang.

    0
  • Abd. Jamal Z, S.Pd., Gr.

    Saya mendapatkan undangan tetapi belum memenuhi kriteria, data yang ditolak pada data kepegawaian yaitu PPPK, kemudian tidak terdapat alasan mengapa ditolak

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Bapak Abd. Jamal Z, S.Pd., Gr.

    Perlu diketahui, undangan yang dimaksud untuk mengikuti seleksi kepala sekolah adalah undangan yang Anda dapat melalui email. Untuk hal yang Anda alami bisa jadi adalah tahap sebelum diundang, yaitu pengecekan kualifikasi syarat awal untuk dapat diundang seleksi kepala sekolah. Saat ini tim kami sedang memperbaiki sistem pengecekan kualifikasi tersebut agar data kepegawaian PPPK Anda dapat terdeteksi. Mohon ditunggu hingga Senin, 21 Agustus 2023 dan cek aplikasi Merdeka Mengajar Anda secara berkala. Jika hingga Selasa, 22 Agustus kendala masih dialami, silakan klik tombol Hubungi Bantuan di bagian kanan bawah halaman ini 🙏

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • Neng Neti Susanti

    mohon maaf mau tanya ... apabila di PMM saya sudah muncul seperti ini .. terus bagaimana ???

    0
  • Pusat Informasi - Ismi

    Halo Ibu Neng Neti Susanti

    Selanjutnya Anda perlu menunggu untuk mendapatkan undangan resmi untuk mengikuti seleksi kepala sekolah dari dinas di daerah Anda. Perlu diketahui, seleksi kepala sekolah tidak dilakukan secara serentak dalam periode tertentu, namun akan dilakukan oleh masing-masing dinas daerah sesuai kebutuhan pengangkatan kepala sekolah di masing-masing daerah sepanjang tahun. Informasi selengkapnya mengenai seleksi kepala sekolah silakan klik https://linktr.ee/seleksikepalasekolah.

    Salam hangat dan sukses selalu untuk Anda!

    0
  • ENDAH PUSPITASARI

    Bagaimana jika sertifikat ujikom peralihan jenjang melewati masa berlakunya? Adakah perpanjangan?

    0

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk